Kamis, 18 Maret 2010

Kesimpulan

Kendala yang di hadapi dalam usaha pemasaran ikan gurame adalah bagaimana teknik yang baik dan tepat untuk mendistribusikan ikan gurame agar selalu dalam keadaan segar tidak rusak dan dapat sampai ke konsumen dengan mutu yang baik, dan konsumen menyukai hasil produksi yang didistribusikan.

Masih kurangnya informasi tentang pasar yang mempunyai peluang lebih besar dalam memasarkan ikan gurame yang dapat dimanfaatkan serta dapat dipenuhi oleh hasil produksi, serta informasi tentang produk dari ikan gurame yang diminati oleh konsumen.

Dalam Dalam usaha budidaya perikanan secara umum diperlukan pemikiran yang cermat agar tujuan dari budidaya itu sendiri yaitu dapat memperoleh hasil yang terbaik. Perlu diketahui bahwa hasil yang baik akan diperoleh dengan menerapkan berbagai kegiatan, baik itu berupa cara, maupun penggunaan alat serta teknologi yang selalu mengalami kemajuan, sebelum memulai usaha budidaya itu sendiri. Harus juga memperhatikan persiapan produksi.

Budi daya ikan Gurame sendiri mempunyai pasar yang siap menyerap hasil produksi dan disini peran dari manajemen pemasaran sangat diperlukan, apakah hasil yang diperoleh merupakan satu rangkaian budidaya atau merupakan usaha dari mendisrtibusikan hasil budidaya dari pembudidaya lain.

Pasar sendiri sangat penting untuk kelangsungan produksi, bila kemampuan pasar menyerap produksi sangat tinggi maka tidak menjadi suatu permasalahan bagi pembudidaya atau produsen untuk menentukan harga jual dan sebaliknya jika tidak dapat menyerap hasil produksi maka mau tidak mau usaha pemasaran ini akan mengalami kerugian. Sehingga dalam pemasaran kita harus dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen oleh karena itu kita dapat melihat peluang pasar yang ada, dan kita dapat memanfaatkan peluang tersebut, selain itu kita juga harus memeperhatikan beberapa hal dalam pemasaran tersebut yaitu persaingan pasar, sasaran pemasaran, dan strategi pemasarannya.

2 komentar: